Kalimantan Selatan, 14 Juni 2024 – Perkumpulan Guru Agama Buddha Indonesia (Pergabi) Provinsi Kalimantan Selatan sukses mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) 1 yang dipusatkan di Aula Vihara Buddha Sasana Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, pada Jumat, 14 Juni 2024.
Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Pergabi, Bapak Sukiman, S.Ag., M.Pd.B., dengan tujuan untuk membentuk Pengurus Daerah (PD) Pergabi Kalimantan Selatan yang pertama.
Musda 1 Provinsi Kalimantan Selatan menghasilkan Ketua Baru PD Pergabi Kalimantan Selatan Periode 2024-2027, yaitu Narmin, seorang guru Pendidikan Agama Buddha di SMA Negeri 7 Banjarmasin yang juga aktif dalam organisasi Buddhis di Kalimantan Selatan.
Narmin, yang telah aktif menjadi anggota Pergabi sejak tahun 2021, dalam visinya berkomitmen untuk memajukan Pergabi di Provinsi Kalimantan Selatan, meningkatkan kompetensi guru-guru Pendidikan Agama Buddha melalui berbagai pelatihan yang diadakan oleh Pergabi, menjalin kerja sama dan bersinergi dengan lembaga keagamaan seperti Permabudhi, Walubi, dan majelis-majelis agama Buddha di Provinsi Kalimantan Selatan.
Pergabi merupakan organisasi profesi yang mewadahi, melindungi, dan memperjuangkan kepentingan guru-guru Pendidikan Agama Buddha di Indonesia. Pergabi Provinsi Kalimantan Selatan akan bekerja sama dengan Pengurus Pusat Pergabi untuk mengadakan berbagai kegiatan dan pelatihan seperti workshop, seminar, lokakarya, dan kegiatan sosial lainnya.
Dalam sambutannya, Walubi menyampaikan: “Kepengurusan DPD WALUBI Kalsel periode 2023-2026 salah satunya adalah program pendidikan, pelatihan, pembinaan guru agama Buddha baik di sekolah Buddhis maupun sekolah umum.”
Permabudhi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya membangun karakter bagi para pendidik maupun peserta didik agar menjadi pendidik dan peserta didik yang cerdas dan berkarakter.
Dari dua kelembagaan inilah nanti Pergabi Provinsi Kalimantan Selatan bisa menjalin kerja sama dan bersinergi dalam peningkatan kompetensi para guru Pendidikan Agama Buddha maupun pembinaan terhadap peserta didik.